Rabu, 22 Maret 2017

Review Matkul pertemuan ke 4

Assalamualaikum teman-teman
:-) :-)
Selamat Malam

jumpa lagi nih di blog saya,
yaa !!! seperti biasa
kali ini saya akan mereview pertemuan mata kuliah jurnalistik
minggu kemarin perkuliahan jurnalistik membahas tentang arti sebernarnya dari jurnalisme dan pers. jurnalisme berasal dari kata journal artinya catatan harian, sedangkan pers arti sempitnya adalah media cetak dan arti luasnya adalah media massa.
fungsi utama dari lembaga pers adalah menyampaikan informasi kepada khalayak ramai. dan ada 5 fungsi utama yaitu to inform, to educate, to influence, to entertaint dan to mediate.
Tulisan-tulisan dalam media umumnya berisi 3 kategori yaitu fakta, opini dan iklan atau advertorial.
kegiatan jurnalistik bertujuan menghasilkan tulisan berisi fakta bukan pendapat atau imajinasi wartawan, media bukanlah realitas empirik karenanya HARUS memenuhi standart obyektivias. terdapat 2 elemen obyektivitas yaitu faktualitas dan impartialitas
di dalam jurnalistik juga harus melakukan check dan recheck artinya menggali berbagai sumber untuk memperoleh suatu informasi, sebuah media juga harus relevansi yang artinya bahwa fakta-fakta yang di tampilkan harus relavan dan kontektual dengan peristiwa yang diberitakan.

Nahhh !!!!
Seperti itulah, review matkul jurnalistik minggu kemarin :-) yang intinya membahas lebih detail tentang jurnalism dan pers :-)

Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar